Mengenal Kurawa

Mengenal Kurawa
Para Kurawa



Kurawa terdiri dari 100 orang yang merupakan anak dari Destarata dan Gandari. Kurawa yang sulung bernama Duryudana sedangkan yang bungsu bernama Dursala.

Dikisahkan bahwa Dewi Gandari mendapat anugerah dari Resi Abiyasa untuk mendapatkan anak. Gandari pun menginginkan anak berjumlah seratus orang. Namun yang ia lahirkan hanyalah segumpal daging.

Resi Abiyasa lalu muncul dihadapan Gandari dan menyuruhnya menyiapkan seratus buah kendi. Maka dipotong-potonglah segumpal daging tersebut menjadi seratus bagian dan masing-masing potongan daging itu dimasukkan ke dalam kendi.

Maka mimpi Gandari memiliki 100 orang anak menjadi kenyataan berkat anugerah dari Resi Abiyasa. Kelahiran Kurawa sulung bertepatan dengan kelahiran Bima putra Pandu di hutan.

Kelahiran para Kurawa ditandai dengan hal-hal buruk, seperti binatang-binatang di hutang melolong dan terdapat pertanda bencana alam. Sehingga Widura menyarankan untuk membuang bayi sulung putra Destarata.

Namun saran dari Widura tidak diterima oleh Destarata dan Gandari yang bersikeras tidak akan menyingkirkan Duryudana. Kelak, Duryudana akan menjadi penyebab hancurnya bangsa Kuru.

Berbeda dengan Pandawa yang berbudi luhur, Kurawa memiliki sifat angkara murka. Mereka menginginkan kekuasaan penuh atas kerajaan Hastinapura kendati hak tersebut seharusnya milik Pandawa.

Selain Duryudana, Kurawa yang banyak disebut dalam kisah Mahabarata adalah Dursasana, Kurawa yang kedua. Kelak ia tewas secara tragis oleh Bima karena Bima telah bersumpah akan meminum darah Dursasana.

Duryudana memiliki sifat angkara murka, ia begitu haus akan kekuasaan, terlebih karena sejak kecil ia dibimbing oleh Sengkuni. Duryudana sangat membenci Bima karena Bima-lah yang paling sering melawan perintahnya.

Sama seperti Bima, Duryudana merupakan kesatria gada yang juga berguru pada Balarama, kakak Basudewa Krisna.
 
Kurawa selalu berbuat onar dan tidak tau diri. Mereka suka menghardik rakyat kecil di lingkungan kerajaan dan tidak pernah menghargai mereka. Kelak para Kurawa akan mendapat ganjaran setimpal di medan Kurusetra.

Subscribe to receive free email updates: